Selasa, 25 Januari 2011

SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI CINA

Brawal dari penasaran adanya posting bahwa panglima cheng ho adalah muslim, wong fei hung ( ahli bela diri, serta [pahlawan China ) adalah muslim do berbgi blog yang mana menimbulkan berbagai komentar mereka yang islam merasa bangga dan semakin yakin akan kebnran islam . tapi bagi yang antipati pada isalm malah mencibir dan menganggap itu cuma rekaan, mengaku ngaku saja... akhirnya aku cari tahu sendiri sejarah Isalm di cina ,,,, dan ternyat benar Kota guang dong ( che thung ) adalah merupakan kota tua yang berpenduduk muslim...... bahkan islam telah di kenal dan masuk china pada zaman nabi SAW . berikut sejarah lengkapnya yang saya ambil dari berbagai sumber ...... di antarnya http://www.huttaqi.com/artikel.php?id_isi=125&id_ttl=22&flag=0







Suatu hari di abad ke 7 Kaisar Cina mengirimkan utusan kepada Kaisar Firus dari kerajaan Persia. Inti Delegasi ini adalah meminta tenaga-tenaga pengajar al-Qur`an untuk sejumlah rakyat di Cina. Firuz menolak menganggap Cina terlalu jauh....

Konon, islah telah masuk ke CIna saat Rosululloh saw masih hidup. Menurut H. Abu Bakar Aceh dalam bukunya sejarah al-Qur`an, Rosululloh saw pernah mengutus Abdul Wahab bin Abi Kabsyah untuk menyampaikan hadiah sekaligus memperkenalkan Islam kepada penguasa Cina. Sampailah ia di Kanton (Guang Dong) dan beliau menyebarkan Islam di situ sampai meninggal juga di situ.

Penolakan Firuz justru mendorong penguasa Cina untuk mengirim langsung delegasi ke Madinah. Utusan diterima oleh Utsman bin Affan. Kemudian sang Kholifah mengirimkan delegasi pertama ke Cina tahun 651.
Dan fakta menunjukkan di kota Xian, ibu kota tiongkok kuno, setelah tahun itu, dibangun Masjid yang diberi nama Qinging (bersih dan tenang) pada tahun 684.
Utusan itu disambut dengan upacara kebesaran Sianfu.

Dalam riwayat Dinasti Tang (618-907) banyak disebutkan nama utusan dari pemerintahan Islam seperti dari Bagdad, Abo Loba (Abu Abbas) dan Apu cha fo (Abu Jakfar). Kemudian juga A lun ( Harun al Rasyid).

Banyak pemuka-pemuka Islam di CIna seperti Yusuf Ma Fu Chu dan Nurul Hak Ma Chih Pen.
Sekolah-sekolah Islam berdiri cukup pesat di Cina, sampai setingkat institut. Mereka yang lulus dari institut ini dilantik bertepatan dengan Hari Raya dan mereka di beri sorban hijau serta jubah dan ikat kepala putih. Dan mereka mendapatkan gelar "Ahong" atau "Abong"
Konon gelar itu berasal dari bahasa arab "ikhwan", tetapi menurut ulama cina (Muhammad Ma Kien), gelar itu berasal dari "Akhund" dalam bahasa Persia yang berarti "Syech".

Berbicara masalah Muslim Cina, kita tak boleh lupa dengan tokoh Cina yang mendunia yaitu Laksamana Ceng Ho.

Laksamana Cengho telah melakukan 7 kali pelayaran ke Hindia Barat (Indonesia) dengan jumalh kapal total 208 dan dilakukan kurang lebih selama 28 tahun...
Beliau melakukan shilaturrohmi politik, perdagangan dan sekaligus menyebarkan Islam di Indonesia,,

Ceng Ho yang kadang dikenal dengan nama Sam Po Kong (1371-1433) adalah orang dekat Kaisar Dinasti Ming, berasal dari daerah Yunan.
Pelayaran ke 1,2 dan 3, beliau menuju Aceh kemudian Palembang dan Jawa serta Kalimantan.
Pelayaran ke 4,5,6 beliau menyelurusuri Sumater utara, Palembang dan Jawa tanpa ke Kalimantan demikian juga pelayaran yang terkhirnya, lebih banyak menyelusuri sumatera utara dan jawa.
Di Jawa menurut catatan Sejarah pernah ke Semarang, Gresik, pernah berkhutbah Jumat di Surabaya bertemu dengan Raja Wikrama wardhana di keraton Majapahit, Mojokerto, dll.

Orang-orang baratpun mengakui bahwa Ceng Ho (1405) adalah Pelaut Besar, malah jauh lebih besar dan sebelum Christofer Columbus(1492), Vasco da Gama(1497), maupun Ferdinand Magellan(1519),
Jumah kapal yang dibawa oleh Ceng Ho (208), Cristoper C (3), Vasco da Gama (4) dan Ferdinand (5).
Maka pantaslah jika disebut Laksaman Cengho adalah seorang Bahariwan Besar dunia.....

Menurut Ahli Sejarah dari Tiongkok, Prof Haji Lie Shihou, ia menemukan dari penelusuran sejarah, bahwa Laksamana Ceng Ho adalah turunan Nabi Muhammad saw (Ahlul bait) yang ke 37, Dari Nabi Muhammad saw, kemudian Ali kwh, kemudian Hou Sa Ni (Husein), Yi Bu Lai Xi Mo, Yi Si Ma Ai Le, Xie Xin, Ele Hou Sai Ni (mungkin Ali Husain maksudnya), Ye Ha Ya, E Ha Mo De (mungkin maskdunya Muhammad), Li Sha Shi (Kaisar Kerajaan Mi Si Le), She Li Ma, Mu Lu Ye Mi, Ya Xin, Lu Er Ding, Mu Ba er- Sha, Yi Si Ma Xin, Ha San, Gu Bu Ding, Mu Xie, Hu Fu Ding, Wu Mai Nai Ding, An Du Er Yi, Suo Fei Er (Sayiidina Syafei), Sai Yan Su lai Gong na, Su Zu Zha, Kan Ma Ding Yu Su Pu, Ma Ha Mu Ke Ma Nai Ding, Bai Yan, Mi Di Na, Ma Haji, dan Ma He (Ceng Ho)....

Alhamdulillah, dengan adanya Laksanaman Ceng Ho yang memang orang Cina ini, kita di Indonesia dapat mengenal Islam dan mempelajari Islam sampai sekarang ini....

Moga-moga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar