Sabtu, 15 Mei 2010

nabi muhammad atau paus dan pengikutnya yang pedofile ?

Paus Digugat Soal Pencabulan di Amerika

AP Photo/Gregorio Borgia
TEMPO Interaktif, Milwaukee -Seorang pria yang mengaku korban pastor paedofil menggugat Paus dan Vatikan di pengadilan federal Amerika Serikat. Pria itu menuduh Paus dan Vatikan membiarkan peristiwa pencabulan yang terjadi pada 1996 itu meski sudah disurati.

Tim pengacara penggugat menghendaki Gereja merilis semua berkas yang dimilikinya mengenai kasus penistaan yang melibatkan pastor. Jati diri orang yang mengaku korban tersebut belum diungkapkan.

Pengacara mengatakan dia dicabuli oleh mendiang Romo Lawrence Murphy. Murphy dituduh mencabuli hingga 200 anak selama bertugas 20 tahun di sebuah sekolah untuk anak tuna rungu di Milwaukee, AS. Dia akhirnya dipindahkan dari Sekolah St John, tapi tidak pernah dituntut atau pun dipecat dari kependetaan.

Pengadilan Gereja mulai dilakukan setelah Vatikan menerima surat dari uskup atas tindakan Murphy pada 1996, tapi pengadilan belum selesai ketika Murphy meninggal pada 1998.

Jeff Anderson, salah seorang pengacara itu mengatakan, Vatikan lalai. "Yang kami ingin Vatikan lakukan adalah bertindak untuk membeberkan rahasia yang mereka miliki dalam berkas mereka,'' kata Anderson kepada BBC.

Paus Benediktus XVI pernah disurati korban ketika masih menjabat Kardinal. Korban menulis kepada Sekretaris Negara Vatikan saat itu dan meminta Pausa agar mengisolasi pastor Murphy. BBC telah melihat salinan dokumen yang diserahkan kepada pengadilan.

Berkas dokumen tersebut termasuk surat tujuh halam kepada Murphy yang secara detail menggambarkan pencabulan yang dituduhkan dan akibat pada dirinya. "Anda tahu Anda benar-benar menghancurkan hidup saya?" tulisnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar